Postingan kali ini adalah tentang ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk membuat reservasi dalam bahasa Inggris (expressions used to make reservation in English).
Untuk postingan yang membahas ungkapan-ungkapan untuk membuat janji dalam bahasa Inggris (expressions of making an appointment in English) bisa dibaca di sini.
Reservasi dilakukan jika kita ingin memesan tempat atau layanan sebelum hari atau waktu tempat atau layanan tersebut kita gunakan.
Reservasi yang umum kita lakukan adalah saat kita memesan kamar hotel, meja di restoran dan tiket transportasi seperti kereta api, bus dan pesawat.
Berikut contoh-contoh expressions dalam bahasa Inggris yang digunakan saat kita ingin melakukan reservasi:
• I would like to book a table for dinner tonight
• I’d like to reserve a room
• Do you have any vacant rooms?
• I would like to book two seats for a flight this weekend
Saat kita menghubungi pengelola atau penyedia layanan, seringkali kita juga membahas detil dan syarat yang ada.
Sebagai contoh, saat kita memesan kamar di sebuah hotel kita juga membicarakan harga per malam, apakah sarapan juga termasuk harga atau tentang kamar bebas asap rokok.
Dibawah ini adalah contoh-contoh hal yang umumnya dibahas saat kita sedang melakukan reservasi:
• Can you offer me any discount?
• Is breakfast included?
• What’s the price for two VIP seats?
• Have you got any economy class seat left?
• Have you got anything cheaper?
Kita juga bisa menanyakan fasilitas-fasilitas yang bisa kita dapatkan saat kita sedang melakukan reservasi. Berikut adalah contoh-contohnya:
• Do you allow pets?
• Do you have a car park?
• Does the bus have air conditioning?
• Does the room have internet access?
• Is there an AC room at your restaurant?
• Is there a sauna?
Karena sebuah reservasi biasanya dilakukan jauh hari sebelumnya, selalu ada kemungkinan kita berubah pikiran.
Oleh karena satu dan lain hal mengubah detil reservasi kita. Hal ini biasanya terkait tanggal dan waktu.
Dibawah ini adalah beberapa contoh ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk mengubah detil reservasi:
• I am afraid I must ask you to alter my booking from … to …
• Would it be possible to change the date of the booking to …
• I Would like to change my reservation, please
Selain mengubah detil reservasi, ada juga kemungkinan kita membatalkannya karena sesuatu hal tertentu.
Berikut contoh-contoh expressions yang digunakan untuk membatalkan reservasi:
• Unfortunately I have to cancel our reservation for …
• I Would like to cancel my reservation, please
• I’m afraid I have to cancel our reservation for …
• Unfortunately I have to cancel our reservation for …
Dibawah ini adalah sebuah dialog yang mengandung expressions of making reservations:
Situation: Cathy is planning to spend one night in Jakarta for a business trip. She is calling a hotel to reserve a room during her stay there.
Cathy : Hello, good morning. Is it Flower Hotel?
Receptionist : Yes, correct. This is John speaking. How may I help you?
Cathy : I'm calling to book a room in your hotel for Thursday this week.
Receptionist : Ok. We have rooms available for that day. May I know how many nights you'd like to book and what room type?
Cathy : One night and I'd like a standard room for one adult.
Receptionist : Is there any special request?
Cathy : Sure. I'd like a non-smoking room and an extra blanket.
Receptionist : Noted. May I know your full name please?
Cathy : I am Cathy Dewanti.
Receptionist : Perfect. Ms. Dewanti, I have booked a non-smoking standard room for this Thursday under your name for one night stay. May I know how you are going to pay the deposit?
Cathy : By bank transfer. Can you tell me the account number and the bank name?
Receptionist : Sure. It's 44489808. Account name is Flower Hotel and Bank name is Easy Bank.
Cathy : Thanks. I'll confirm when I've paid the deposit
Receptionist : Great. Is there anything else I can help?
Cathy : I think that's all.
Receptionist : Alright then Ms. Dewanti. We're looking forward to having you here.