Pengertian
Advertisement, biasa disingkat menjadi "ad" (jamak "ads"), adalah pemberitahuan atau pengumuman di media publik untuk mempromosikan sebuah produk, layanan atau acara.
Advertisement juga bisa digunakan untuk mengumumkan lowongan pekerjaan. Dalam bahasa Indonesia advertisement diterjemahkan sebagai iklan.
Media advertisement dipakai supaya orang -orang yang menjadi target audience (pihak yang disasar) mengetahui apa yang dipromosikan.
Diharapkan mereka akan tertarik untuk membeli produk yang dijual, memakai layanan yang disediakan atau mengikuti acara yang akan digelar.
Terkait job advertisement (iklan pekerjaan) diharapkan target audience, dalam hal ini pencari kerja, tertarik untuk melamar posisi lowong yang diiklankan.
Jenis Advertisement:
1. Print Advertising
Event ads jenis ini dibuat dalam bentuk cetak, baik yang diterbitkan dengan menggunakan media cetak seperti surat kabar dan majalah maupun yang dicetak dalam bentuk brosur dan leaflet.
2. Advertorial
Advertorial ad adalah jenis iklan yang ditampilkan di sebuah surat kabar, majalah atau situs web. Iklan jenis ini dikemas dalam bentuk sebuah artikel dalam memberikan informasi terkait iklan yang dimaksud.
3. Display Ads
Nama lain iklan ini adalah banner ad. Iklan jenis ini berbasis gambar yang biasanya ditampilkan secara online di situs web. Pengunjung situs web kemudian bisa mengklik display atau banner ad ini untuk bisa mengetahui lebih detil tentang isi iklan.
4. Electronic Ads
Iklan jenis ini dipublikasikan melalui internet dan media digital lainnya seperti televisi dan sosial media. Dengan semakin masifnya penggunaan internet, electronic ads merupakan jenis iklan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.
Fitur Advertisement
Iklan secara umum memiliki fitur sebagai berikut:
1.Fokus kepada informasi utama
2.Merujuk langsung kepada pihak yang menjadi target audience
3.Memiliki tampilan yang menarik
4.Menggunakan kosakata yang tepat, logis dan sopan
5.Memiliki unsur persuasif
Pada postingan kali ini fokus kita adalah membahas event advertisement atau iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah acara/kegiatan.
Iklan ini berfungsi sebagai sebuah pemberitahuan atau pengumuman kepada publik tentang sebuah acara/kegiatan yang akan diadakan.
Fungsi Event Advertisement:
1.Memberikan info tentang sebuah acara/kegiatan kepada target audience.
2.Mengundang target audience untuk menghadiri acara yang diadakan.
Sedangkan sebuah event advertisement secara khusus memiliki fitur sebagai berikut:
1. Nama acara/kegiatan
2. Hari dan tanggal pelaksanaan
3. Waktu pelaksanaan
4. Lokasi acara
5. Alasan mengapa target audience harus menghadiri acara tersebut
6. Penyelenggara acara
7.Cara mendapatkan info lebih lanjut (telepon, email, nara hubung)
Contoh Event Advertisement
Event Advertisement 1 (Music Concert)
Event Advertisement 2 (Charity Event)
Image Credit: freelancer.co.id